expr:class'>

Blogroll

Senin, 09 November 2015

Organisasi Niaga

   

   1.      Tentang Organisasi Niaga !
      Organisasi niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan. Dilihat dari pengertiannya pun organisasi niaga dibentuk untuk menghasilkan suatu tujuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan terutama dalam bidang niaga itu sendiri.
Macam-macam organisasi niaga:

·      Perseroan Terbatas (PT).
Perseroan Terbatas dahulu disebutNaamloze Vennootschaap(NV), yaitu suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya.
·      Persekutuan Komanditer (CV)
Persekutuan Komanditer atau biasa disebut CV (Commanditaire Vennootscap) adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.
·      Joint Ventura
Joint Ventura atau Perusahaan Patungan adalah sebuah kesatuan yang dibentuk antara 2 pihak atau lebih untuk menjalankan kegiatan ekonomi bersama. Perusahaan ini umumnya untuk suatu proyek khusus saja dan bisa berupa badan hukum, kemitraan atau struktur resmi lainnya bergantung pada jumlah pertimbangan seperti pertanggungjawaban pajak dan kerugian 
·      Koperasi
Koperasi adalah suatu jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan. Tujuan koperasi adalah mensejahterakan anggotanya (menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1).
·      Kartel
Kartel adalah kelompok produsen mandiri yang bertujuan menetapkan harga, membatasi suplai dan kompetisi.
·      Trust
Trust adalah gabungan atau kerjasama dari beberapa perusahaan.
·      Kontel
Kontel adalah persekutuan berbagai perusahaan yang sejenis yang memiliki perjanjian tertentu
·     Holding Company
      Holding Company adalah perusahaan yang sahamnya patungan yang biasanya mengawasi 1 atau lebih perusahaan . Kepemilikan sahamnya bisa sebagian atau keseluruhan

   2.      Kelebihan & Kekurangan Organisasi Niaga di Lingkungan Sekitar !

Kelebihan
Kekurangan
Kewajiban terbatas 
Biaya pendirian mahal
Memiliki modal yang lebih besar dan mudah memperoleh kredit.
Kesulitan kontrol
Jangka waktu hidup lebih lama
Administrasi yan rumit
Kepemilikan mudah berpindah
Pengenaan pajak berganda
Kemampuan manajeman lebih baik dibanding badan usaha perseorangan
Kelangsungan hidup tidak menentu
Pendiriannya relatif lebih mudah
Sulit untuk menarik kembali modal yang sudah ditanamkan
Kemudahan untuk menarik karyawan yang berpotensi
Sebagian anggota mempunyai tanggung jawab yang tidak terbatas.

   3.      Konflik Seperti apa yang kalian dengar !

Konflik dalam PT. Freeport yang dimana PT tersebut dalam 4thn meberikan sumbangan APBN sebesar 1,8Triliun dalam sektor pertambangan.   konflik di Freeport bukan tidak mungkin akan menambah lagi eskalasi tindak kekerasan dan membangkitan persoalan-persoalan yang sebelumnya sudah disuarakan masyarakat Papua, yakni pelanggaran HAM, tuntutan merdeka, dan masalah sosial politik lainnya. 
Dari hal ini tampaknya pemerintah memang tidak belajar dari konflik kerusuhan warga Da! yak Siang Murung Bakumbai melawan PT Indo Moro Kencana. Akibat, peraturan dan kebijakannya yang tidak memihak rakyat kecil, perusahaan-perusahaan besar kerap menelantarkan hak-hak mereka yang pada akhirnya menimbulkan anarkisme berkepanjangan.

   4.      Bagaimana Pengaruh nya Terhadapat konflik organisasi tersebut !

Melambat nya perekonomian yang disebabkan oleh pesoalan yang berkepanjangan sehinngga warga sekitar memunyai aksi anarkisme terhadap perusahaan besar dalam pelanggaran HAM ataupun penutupan akses jalan ke pertambangan. Sebab warga sekitar tambang tidak memiliki perlindungan terhdadap pemerintah dan peraturan kebijakan yang dimana tidak memihak warga sekitar terutama rakyat kecil.

   5.      Analisa organisasi Niaga dalam lingkungan sekitar !

Jadi, Organisasi niaga merupakan salah satu dari macam-macam organisasi yang ada, selain telah dijelaskan diatas, organisasi niaga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bersama. Organisasi seperti ini banyak kita temui di sekitar kita, dengan seiringnya pertumbuhan ekonomi yang terus berkembang maka kehadiran organisasi niaga juga semakin banyak.

SUMBER 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar