expr:class'>

Blogroll

Senin, 22 Juni 2015

Tanggung Jawab (Ilmu Budaya Dasar)


Tanggung jawab sebagai Hamba Tuhan (Allah)

Sebagai umat nya kita mempunyai tanggung jawab kepada tuhan. karena ialah (Tuhan) yang menciptakan Manusia dengan tujuan tertentu yaitu untuk dikembalikan semula kepada nya yang merupakan amanah/titipan dari nya, dan mereka dipertanggung jawabkan atas setiap usaha dan amal yang berkaitan dengan perintah agama semasa hidup di dunia. Di akhiaart nanti manusia akan diadil dan diberi pembalasan di hari pembalsan sama ada di tempatkan di syurga atau neraka

Tanggung jawab sebagai anak (kakak Pertama)

Saya anak sulung, anak pertama dari 3 saudara. Tanggung jawab saya sebagai anak pertama cukup besar karena menuntun atau menjadi cerminan kepada ade-ade saya.  Dan karena tanggug jawab saya lebih besar dari pada adik-adik, sayapun terbiasa mengalah dan melindungi. Yang terpenting tanggung jawab saya sebagai anak untuk membahagiakan kedua orang tua saya kelak besar saya nanti.

Tanggung jawab sebagai Warga Negara

Karena saya tinggal di suatu Negara jadi saya mempunyai tanggung jawab dalam hal memahami dan mengamalkan ideologi nasional yakni pancasila. Dalam kehidupan seharai-hari dalam berbagai bidang kehidupan seperti politik, ekonomi, budaya, dll. menjaga memelihara nama baik bangsa. Dan meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina rasa kebangsaan. “Maju mundurnya suatu bangsa sangat tergantug kepada taanggung jawab warga Negara nya”.

Kesimpulan:
Orang yang bertanggung jawab dapat memperoleh kebahagiaan, sebab ia dapat menunaikan kewajibannya dengan baik. Kebahagiaan tersebut dapat dirasakan oleh dirinya sendiri ataupun oleh orang lain/banyak. Sebaliknya orang yang tidak bertanggung jawab akan menghadapai kesulitan, sebab ia tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik dan tentunya tidak mengikuti aturan, norma serta nilai-nilai yang berlaku. Selain itu wujud dari tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian dan pengorbanan adalah suatu perbuatan yang baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar