expr:class'>

Blogroll

Minggu, 15 Maret 2015

ILMU BUDAYA DASAR


Pengertian dari budaya

Kebudayaan Berasal Dari Kata Sansekerta “BUDDHAYAH“, yang merupakan bentuk jamak dari kata “BUDDHI” yang berarti budi atau akal. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai “hal-hal yang bersangkutan dengan budhi atau akal” budhi akal itu sendiri artinya pemikiran yang sehat. Dari pengertian budaya sendiri ada 2 entah itu pengertian dalam adat istiadat ataupun pengertiaan dari kebiasaan sehari hari.

Dalam Adat istiadat budaya dapat diartikan dengan aneka kelaziman dalam suatu negri yang mengikuti pasang naik surut situasi masyarakat. Kelaziman ini pada umumnya menyangkut pengejawatahan unjuk rasa seni budaya masyarakat, seperti acara-acara keramaian anak negeri, seperti pertunjukan randai, saluang, rabab, tari-tarian dan aneka kesenian yang dihubungkan dengan upacara perhelatan perkawinan, pengangkatan penghulu maupun untuk menghormati kedatangan tamu agung.

Dalam Kebiasaan, budaya dapat diartikan sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negarakebudayaan,waktu, atau agama yang sama. Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah adanya informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun (sering kali) lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi dapat punah.

Nah kebiasaan itu sendiri maksudnya sesuatu yang kita lakukan secara periodik (saat ini). Dulunya, hal itu ga pernah kita lakuin tapi sekarang jadi ngelakuinya secara periodik.

Alasan Mengapa Harus Menjadi Manusia Berbudaya

Karena pada dasarnya manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa menggunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan, karena yang membahagiakan hidup manusia itu hakikatnya sesuatu yang baik, benar dan adil. Giamana setuju? Nah maka dari itu hanya manusia yang selalu berusaha menciptakan kebaikan, kebenaran dan keadilan sajalah yang berhak menyandang gelar manusia berbudaya.

Dalam kehidupan bermasyarakat nihh kebudayaan merupakan perangkat dalam sejarah manusia yang dapat berkembang dan dikembangkan. Maka dari itu manusia disebut sebagai makhluk berbudaya, karena kebudayaan itu bergantung pada manusia itu sendiri bukan sama orang lain yaaaa, manusia jugaa menjadi tolak ukur kebudayaan dalam suatu Negara atau kelompok bermasyarakat.

“Pendidikan yang tinggi akan menghasilkan kebudayaan yang tinggi jugaa pastinyaa. Karena kebudayaan adalah hasil dari suatu bangsa”

Sikap Manusia Berbudaya

Kita simpulkan sikap manusia berbudaya yg sebeneranya itu makhluk yang selalu aktual, yang terus menerus belajar dan menempuh pendidikan untuk mengembangkan kepribadianya, mengembangkan konsep tujuan hisup nya juga.. hehe


Dalam hal kecil kita contohkan deh kita Mahasiswa harus menghargai waktu, yang berarti masyarakat intelektual harus senantiasa memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin,  terutama demi kegiatan ilmiah dan prestasi juga..

Beberapa sumber: Wikpedia Selebihnya pendapat sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar