expr:class'>

Blogroll

Rabu, 04 Januari 2017

Perbandingan Sistem cerdas dalam bidang pendidikan di 3 Negara Asia


1. Perbandingan 3 Negara di asia dalam bidang pendidikan yang behubungan dengan sistem cerdas beserta kasih kesimpulan dan sumber nya !
Jawaban:

Sebelum kita membandingkan sistem cerdas dari 3 Negara kita harus mengetahui system cerdas dalam bidang pendidikan AI (Artificial Intelligence) yang dimana sangat berperan dalam menyampaikan segala informasi dan pengalaman belajar yang akan membuat proses belajar mengajar lebih efektif. Dengan menggunakan media-media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan prinsip-prinsip dan teknik-teknik artificial intelligence, pebelajar/learner dapat belajar tanpa harus berhadapan langsung berhadapan dengan guru, dan informasi dalam media-media pendidikan tentunya akan lebih mempermudah dan meringankan tugas guru/pendidik dalam mentransformasikan ilmu dan pengalaman belajar mereka terhadapa peserta didik. Jadi dapat pula dikatakan bahawa aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan yang bertindak sebagai partner bagi pelajar atau mahasiswa dalam mempelajari suatu bidang.
Disini ada beberapa system cerdas dalam dunia pendidikan yaitu:
·   Robot pendidikan (educational robots): digunakan untuk membantu dalam proses mengajar tentang operasi dan penggunaan dari robot industri. Contoh robot yang digunakan dalam bidang pendidikan.

·   Intelligence Computer - aided Instruction (CAI) juga termasuk ke dalam  linkup kecerdasan  buatan.  Komputer ini digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.  CAI merupakan pengembangan lebih lanjut dari Computer Assisted Instruction (CAI ).

Sistem ini sangat berguna sekali karna siswa dapat langsung ber interaksi langsung tanpa malu malu,dan juga seorang guru dapat mengetahui kemampuan siswa nya masing masing dan juga kerja guru akan diringan kan. Namun apakah dengan mengunakan Komputer ini anak ditakut kan akan tidak serius malah akan keasikan bermain tidak fokus terhadap materi yang diajarkan.

·   Intelligent Tutoring Systems (ITS) Kebutuhan akan penggunaan kecerdasan buatan semakin meningkat seiring dengan besarnya manfaat yang didapatkan. Intelligent Tutoring System (ITS) merupakan satu tipe dari sistem kecerdasan buatan yang menangani masalah pembelajaran atau pelatihan. Keuntungan utama digunakannya ITS ini dibandingkan dengan metode yang sering digunakan adalah terciptanya suatu pembelajaran yang lebih efektif.

Dalam hal ini pengguna dituntut tidak hanya memberikan jawaban-jawaban dari permasalahan yang ada dengan benar saja, namun dengan efektif pula, sesuai dengan solusi optimal yang diciptakan oleh sistem kecerdasan buatan yang ada. Sehingga akan membantu user di dalam pembelajaran masalah dengan sangat baik. ITS yang mana didalamnya memuat suatu metode dari sistem kecerdasan buatan akan menghasilkan suatu solusi yang optimal dari permasalahan yang ada. Berdasarakan solusi optimal tersebut, jawaban langkah-langkah yang telah diinputkan akan dibandingkan. Kemudian dengan menggunakan algoritma yang ada, akan dihasilkan suatu keluaran apakah jawaban yang diinputkan sudah efektif atau masih belum.

Setelah kita sudah mengethaui system cerdas dalam bidang pendidikan sekarang membandingkan system cerdas untuk 3 negara yaitu Negara Indonesia, Jepang dan Singapura:

Teknologi
Indonesia
Jepang
Singapura
Eductional Robots
Bebrapa Universitas ternama sudah banyak menggunakan robot dalam dunia pendidikan seperti hal nya dalam ilmu kedokteran dalam pengoprasian alat-alat kedokteran untuk diagnosa penyakit.
Semua universitas/lembaga pendidikan sudah mempunyai cara mengajar menggunakan robot sebagai pengajar.
Hampir sama dengan jepang singapura memiliki lembaga pendidikan dalam dunia pengajar yang berbasis teknologi. Seperti hal nya Pembelajaran bahasa asing untuk anak TK yang berinterkasi dengan robot.
Intelegence Computer Aided Instruction
Indonesia sudah banyak lembaga pendidikan yang memakai system cerdas ini jadi utnuk pengerjaan tugas dikerjakan di internet sehinnga guru memantau murid nya walaupun berbeda jarak.
Jepang beberapa sudah menggunakan robot sebagai media pengajar yang dimana siswa langusng dapat berinteraksi kepada robot dalam meberikan pertanyaan
Singapura hampir sama dengan jepang dan Indonesia dan sudah menerapkan teknologi kedua nya.
Inteligent Toturing System
Sudah beberapa sekolah dalam penerapan ujian nasional menggunakan media computer. Sehingga dalam penggunaan biaya cukup efesian tanpa perlu mencetak sebuah kertas.
Jepang sudah lama menerapkan pengerjaan ujian dalam media computer sebelum Indonesia menerapkan.
Kurang lebih sama seperti jepang sudah mengenal lama dalam pengerjaan ujian dalam media elektronik.

            Kesimpulan:

Sekolah-sekolah di Indonesia belum seluruhnya memiliki kemampuan yang cukup dalam menyediakan sarana ini. Seharusnya, program ini sudah diberlakukan untuk seluruh sekolah di Indonesia agar seluruh pelajar di Indonesia tidak akan canggung lagi saat berhadapan dengan teknologi khususnya komputer di masa-masa yang akan datang. Sebenarnya ini adalah tanggungan pemerintah untuk memajukan pendidikan dan pengetahuan umum para generasi muda di Indonesia. Semoga di masa-masa yang akan datang, pemerintah sudah sanggup untuk menyediakan program ini untuk seluruh sekolah di Indonesia. 

Sumber & Pendapat Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar