1. Perbandingan 3 Negara di asia dalam bidang pendidikan yang behubungan dengan sistem cerdas beserta kasih kesimpulan dan sumber nya !
Jawaban:
Sebelum kita membandingkan sistem cerdas
dari 3 Negara kita harus mengetahui system cerdas dalam bidang pendidikan AI (Artificial Intelligence)
yang dimana sangat berperan dalam menyampaikan segala informasi dan pengalaman
belajar yang akan membuat proses belajar mengajar lebih efektif. Dengan
menggunakan media-media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan
prinsip-prinsip dan teknik-teknik artificial intelligence,
pebelajar/learner dapat belajar tanpa harus berhadapan langsung berhadapan
dengan guru, dan informasi dalam media-media pendidikan tentunya akan lebih
mempermudah dan meringankan tugas guru/pendidik dalam mentransformasikan ilmu
dan pengalaman belajar mereka terhadapa peserta didik. Jadi dapat pula
dikatakan bahawa aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan yang
bertindak sebagai partner bagi pelajar atau mahasiswa dalam
mempelajari suatu bidang.
Disini ada beberapa system cerdas dalam dunia
pendidikan yaitu:
· Robot pendidikan
(educational robots): digunakan untuk membantu dalam proses mengajar tentang
operasi dan penggunaan dari robot industri. Contoh robot yang digunakan dalam
bidang pendidikan.
· Intelligence Computer - aided Instruction (CAI) juga
termasuk ke dalam linkup kecerdasan buatan. Komputer ini digunakan
sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar. CAI merupakan pengembangan lebih lanjut
dari Computer Assisted Instruction (CAI ).
Sistem ini sangat berguna sekali
karna siswa dapat langsung ber interaksi langsung tanpa malu malu,dan juga
seorang guru dapat mengetahui kemampuan siswa nya masing masing dan juga kerja
guru akan diringan kan. Namun apakah dengan mengunakan Komputer ini anak
ditakut kan akan tidak serius malah akan keasikan bermain tidak fokus terhadap
materi yang diajarkan.
· Intelligent
Tutoring Systems (ITS) Kebutuhan akan penggunaan kecerdasan buatan semakin
meningkat seiring dengan besarnya manfaat yang didapatkan. Intelligent Tutoring
System (ITS) merupakan satu tipe dari sistem kecerdasan buatan yang menangani
masalah pembelajaran atau pelatihan. Keuntungan utama digunakannya ITS ini dibandingkan
dengan metode yang sering digunakan adalah terciptanya suatu pembelajaran yang
lebih efektif.
Dalam hal ini pengguna
dituntut tidak hanya memberikan jawaban-jawaban dari permasalahan yang ada
dengan benar saja, namun dengan efektif pula, sesuai dengan solusi optimal yang
diciptakan oleh sistem kecerdasan buatan yang ada. Sehingga akan membantu user
di dalam pembelajaran masalah dengan sangat baik. ITS yang mana didalamnya
memuat suatu metode dari sistem kecerdasan buatan akan menghasilkan suatu
solusi yang optimal dari permasalahan yang ada. Berdasarakan solusi optimal
tersebut, jawaban langkah-langkah yang telah diinputkan akan dibandingkan.
Kemudian dengan menggunakan algoritma yang ada, akan dihasilkan suatu keluaran
apakah jawaban yang diinputkan sudah efektif atau masih belum.
Setelah kita sudah mengethaui system cerdas dalam
bidang pendidikan sekarang membandingkan system cerdas untuk 3 negara yaitu Negara
Indonesia, Jepang dan Singapura:
Teknologi
|
Indonesia
|
Jepang
|
Singapura
|
Eductional
Robots
|
Bebrapa Universitas ternama sudah banyak
menggunakan robot dalam dunia pendidikan seperti hal nya dalam ilmu
kedokteran dalam pengoprasian alat-alat kedokteran untuk diagnosa penyakit.
|
Semua universitas/lembaga pendidikan sudah
mempunyai cara mengajar menggunakan robot sebagai pengajar.
|
Hampir sama dengan jepang singapura memiliki
lembaga pendidikan dalam dunia pengajar yang berbasis teknologi. Seperti hal
nya Pembelajaran bahasa asing untuk anak TK yang berinterkasi dengan robot.
|
Intelegence Computer Aided
Instruction
|
Indonesia sudah banyak lembaga pendidikan yang
memakai system cerdas ini jadi utnuk pengerjaan tugas dikerjakan di internet
sehinnga guru memantau murid nya walaupun berbeda jarak.
|
Jepang beberapa sudah menggunakan robot sebagai
media pengajar yang dimana siswa langusng dapat berinteraksi kepada robot
dalam meberikan pertanyaan
|
Singapura hampir sama dengan jepang dan Indonesia
dan sudah menerapkan teknologi kedua nya.
|
Inteligent Toturing System
|
Sudah beberapa sekolah dalam penerapan ujian
nasional menggunakan media computer. Sehingga dalam penggunaan biaya cukup
efesian tanpa perlu mencetak sebuah kertas.
|
Jepang sudah lama menerapkan pengerjaan ujian
dalam media computer sebelum Indonesia menerapkan.
|
Kurang lebih sama seperti jepang sudah mengenal
lama dalam pengerjaan ujian dalam media elektronik.
|
Kesimpulan:
Sekolah-sekolah di Indonesia belum seluruhnya
memiliki kemampuan yang cukup dalam menyediakan sarana ini. Seharusnya, program
ini sudah diberlakukan untuk seluruh sekolah di Indonesia agar seluruh pelajar
di Indonesia tidak akan canggung lagi saat berhadapan dengan teknologi
khususnya komputer di masa-masa yang akan datang. Sebenarnya ini adalah
tanggungan pemerintah untuk memajukan pendidikan dan pengetahuan umum para
generasi muda di Indonesia. Semoga di masa-masa yang akan datang, pemerintah
sudah sanggup untuk menyediakan program ini untuk seluruh sekolah di
Indonesia.
Sumber & Pendapat Pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar