Ø
Faktor-faktor yang menentukan
perancangan tipe organisasi yaitu :
·
Strategi organisasi pencapaian
tujuan.
·
Perbedaan teknologi yang digunakan
untuk memproduksi output.
·
Kemampuan dan cara berpikir.
·
Besarnya organisasi dan satuan
kerjanya mempengaruhi struktur organisasi.
Ø
Tipe atau Bentuk Organisasi
Pada saat ini Tipe atau Bentuk
Organisasi terdapat 6 bentuk organisasi yang perlu diperhatikan. Berikut ini
adalah definisi Tipe atau Bentuk Organisasi menurut beberapa ahli adalah:
1.
ORGANISASI LINI/GARIS (LINE
ORGANIZATION)
Organisasi
Lini/Garis diciptakan oleh Henry Fayol, Organisasi lini adalah suatu bentuk
organisasi yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dengan
bawahan, sejak dari pimpinan tertinggi sampai dengan jabatan-jabatan yang
terendah, antara eselon satu dengan eselon yang lain masing-masing dihubungkan
dengan garis wewenang atau komando. Organisasi ini sering disebut dengan
organisasi militer. Organisasi Lini hanya tepat dipakai dalam organisasi kecil.
Contohnya; Perbengkelan, Kedai Nasi, Warteg, Rukun tetangga.
Memiliki
Ciri-ciri Organisasi Lini adalah :
ü
Hubungan antara atasan dan bawahan
masih bersifat langsung dan memilikiJumlah karyawan yang sedikit
ü
Pemilik modal merupakan pemimpin
tertinggi
ü
Belum terdapat spesialisasi
Masing-masing kepala unit mempunyai wewenang & tanggung jawab penuh atas
segala bidang pekerjaan
ü
Struktur organisasi sederhana dan
stabil Organisasi tipe garis ini biasanya diterapkan kepada organisasi kecil
yang disiplin mudah dipelihara (dipertahankan)
Contoh bagan Organisasi Lini :
2.
ORGANISASI LINI DAN STAF (LINE AND
STAFF ORGANIZATION)
Organisasi
Garis dan Staf diciptakan oleh Harrington Emerson. Organisasi Garis dan Staf
Merupakan bentuk organisasi yang mengambil kelebihan-kelebihan dari organisasi
garis seperti adanya pengawasan secara langsung, serta mengambil
kelebihan-kelebihan dari organisasi staf seperti adanya spesialisasi kerja.
Organisasi Garis dan Staf merupakan kombinasi dari organisasi lini dan azas
komando dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para
staff, dimana staff berperan untuk memberi masukan, bantuan pikiran,
saran-saran, dan data informasi yang dibutuhkan.
Memiliki
Ciri-ciri:
·
Hubungan atasan dan bawahan tidak
bersifat langsung
·
Pucuk pimpinan hanya satu orang
dibantu staff
·
Terdapat 2 kelompok wewenang yaitu
lini dan staff
·
Jumlah karyawan banyak Organisasi
besar, bersifat komplek Adanya spesialisasi
Contoh
bagan organisasi garis dan staf :
3.
ORGANISASI FUNGSIONAL (FUNCTIONAL
ORGANIZATION)
Organisasi
Fungsional diciptakan oleh Frederick W. Taylor, Organisasi ini disusun
berdasarkan pada sifat dan macam-macam pekerjaan yang harus dilakukan. masalah
pembagian kerja merupakan masalah yang menjadi perhatian yang sungguh-sungguh.
Memiliki
Ciri-ciri:
·
Pembidangan tugas secara tegas dan
jelas dapat dibedakan
·
Bawahan akan menerima perintah dari
beberapa atasan
·
Pekerjaan lebih banyak bersifat
teknis
·
Target-target jelas dan pasti
Pengawasan ketat
·
Penempatan jabatan berdasarkan
spesialisasi
Contoh Bagan Organisasi Bentuk Fungsional :
4. ORGANISASI LINI DAN FUNGSIONAL (LINE
AND FUNCTIONAL ORGANIZATION)
Suatu
bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada
perkepala unit (Kepala Bagian) untuk mengambil keputusan dalam bidang pekerjaan
tertentu dan selanjutnya pimpinan tertinggi tadi masih melimpahkan wewenang
kepada pejabat fungsional yang melaksanakan bidang pekerjaan operasional dan
hasil tugasnya diserahkan kepada kepala unit terdahulu tanpa memandang eselon
atau tingkatan.
Memiliki
Ciri-ciri:
·
Tidak tampak adanya perbedaan
tugas-tugas pokok dan tugas-tugas yang bersifat bantuan.
·
Terdapat spesialisasi yang maksimal
dan tidak menonjolkan perbedaan tingkatan dalam pembagian kerja
Contoh bagan organisasi Lini dan
Fungsional :
5.
ORGANISASI
LINI, FUNGSIONAL DAN STAF (LINE, FUNCTIONAL AND STAFF ORGANIZATION)
Organisasi
ini merupakan perkembangan lebih lanjut atau merupakan gabungan dari organisasi
yang berbentuk lini fungsional dan staf..
Memiliki
Ciri-ciri:
·
Organisasi besar dan kadang sangat
ruwet
·
Jumlah karyawan banyak.
·
Mempunyai unsur karyawan pokok:
Karyawan dengan tugas pokok (line personal Karyawan dengan tugas bantuan
(staff personal), Karyawan dengan tugas operasional fungsional (functional
group)
6.
ORGANISASI KOMITE (COMMITE ORGANIZATION)
Suatu
organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu lainnya dilaksanakan
secara kolektif.
Organisasi
komite terdiri dari :
·
Executive Committee ( Pimpinan
Komite), yaitu para anggotanya mempunyai wewenang lini
·
Staff Committee, yaitu orang – orang
yang hanya mempunyai wewenang staf
Memiliki
ciri-ciri :
·
Adanya dewan dimana anggota
bertindak secara kolektif
·
Adanya hak, wewenang dan tanggung
jawab sama dari masing-masing anggota dewan.
·
Asas musyawarah sangat ditonjolkan
·
Organisasinya besar & Struktur
tidak sederhana
·
Biasanya bergerak dibidang
perbankan, asuransi, niaga.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus